Selasa, 06 Juli 2021

Info SehatQ, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Bersin

Di tengah pandemi Corona saat ini ada banyak hal yang perlu kita ketahui khususnya mengenai masalah kesehatan. Salah satu hal yang cukup mengganggu di tengah pandemi ini adalah bersin. Tak hanya dianggap sebagai gejala flu biasa, hal ini sekarang juga dipandang menyeramkan karena bisa menjadi media penular. Berikut adalah 5 hal penting yang perlu Anda pahami mengenai gejala tersebut.

Info SehatQ, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Bersin

1.                Penyebab

Sebenarnya apa yang menyebabkan gejala ini terjadi? Perlu diketahui bahwa gejala ini muncul karena penyebab yang beragam. Tidak selalu karena sakit apalagi terinfeksi COVID-19. Gejala ini bisa muncul sebagai salah satu reaksi alergi atas jenis alergen yang bervariasi jenisnya. Selain itu gejala ini juga bisa menjadi penanda bahwa hidung kita sedang sensitif terhadap sesuatu.

Gejala ini juga umumnya disebabkan oleh adanya infeksi dalam tubuh. Salah satunya adalah infeksi virus seperti influenza. Biasanya hal ini akan diiringi pula dengan batuk, hidung tersumbat, atau munculnya lendir dari hidung. Hal ini pula yang bisa terjadi pada pasien terinfeksi COVID-19 sehingga sebaiknya diwaspadai.

2.                Proses

Bagaimana seseorang bisa mengalami gejala ini? Bersin terjadi saat hidung menghirup udara yang di dalamnya terdapat kotoran atau zat-zat tertentu. Begitu udara tersebut bersentuhan dengan bulu hidung maka otak akan menerima sinyal dan memproduksi histamin sehingga hidung akan merasa gatal.

Bersamaan dengan proses tersebut, otak juga akan mengirimkan sinyal menuju otot tenggorokan serta paru-paru. Sinyal ini merupakan perintah untuk mengeluarkan udara kotor tersebut. Sehingga kemudian terjadilah gejala ini yang bertujuan untuk mengeluarkan kotoran lewat tekanan udara yang dihembuskan.

3.                Tidak Boleh Ditahan

Tahukah Anda bahwa gejala ini tak seharusnya ditahan? Saat muncul hasrat untuk mengeluarkan udara kotor maka keluarkanlah. Tak perlu ditahan karena tindakan ini bisa menyebabkan udara kotor kembali lagi lewat rongga sinus menuju ke kepala juga ke rongga dada. Hal ini dapat memicu tekanan dalam tubuh meningkat dan berakibat pada rusaknya organ tubuh.

Jadi, ketika gejala ini mulai terasa maka tak perlu ditahan. Menahannya hanya akan membuat tubuh Anda merasa semakin tidak nyaman. Sama seperti kentut, gejala ini akan membuat Anda merasa lebih lega dan tubuh jadi lebih ringan.

4.                Harus Beretika

Di tengah situasi seperti sekarang, ternyata gejala ini juga harus ditunjukkan dengan etika. Hindari menyemburkan udara dari dalam mulut secara sembarangan Bersamaan dengan gejala ini biasanya keluar lendir dan air liur. Dua hal ini menjadi media penularan COVID-19 yang sangat mengerikan. Oleh karena itu penting sekali untuk menerapkan etika yang benar.

Tutuplah mulut Anda ketika merasakan gejala ini. Pemakaian masker sangat membantu untuk mencegah lendir dan air liur berhamburan. Selain itu, jika Anda menutup mulut sebaiknya gunakan sisi dalam lengan. Hindari memakai telapak tangan karena bagian ini sering menyentuh benda-benda di sekitar Anda dan bisa membahayakan orang lain.

5.                Bisa Jadi Gejala Normal

Perlu diketahui bahwa gejala ini tidak sepenuhnya menjadi tanda bahwa tubuh sedang sakit atau terinfeksi. Bisa saja gejala ini hanyalah kondisi normal yang terjadi pada tubuh. Oleh sebab itu tak perlu merasa panik namun tetaplah beretika agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain apalagi di masa pandemi seperti ini.

Itulah tadi hal-hal penting yang harus diketahui seputar gejala ini. Anda bisa mendapatkan beragam informasi tentang kesehatan juga info penyakit melalui layanan online SehatQ. Layanan ini juga memungkinkan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter sekaligus membeli obat secara online.